ROBOT ROSEMERY UNY JUARA 1 DIVISI ROBOT SENI TARI KRI REGIONAL 2

UNY meraih juara 1 dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 2 tahun 2020 divisi Robot Seni Tari. Kegiatan KRI Regional 2 dilaksanakan secara daring pada tanggal 9-11 Oktober 2020 dengan cakupan wilayah DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan dan Sulawesi. Robot seni tari UNY yang diberi nama Rosemery tersebut menampilkan tari Burung Enggang dari suku Dayak Kenya Kalimantan Timur.

Menurut ketua tim Rosemery, Julizar Handi Wijaya persiapan yang dilakukan mulai dari persiapan tim yang berkualitas sekaligus persiapan robot nya. “Untuk persiapan robotnya sendiri sudah dipersiapkan dari sebelum pandemi tapi sempet terhenti karena dilockdown, walaupun setelah diizinkan akhirnya kita riset lagi” kata Julizar. Untuk persiapan lomba wilayah 2 tim memulainya dari merancang baju hingga programming gerak tariannya. Julizar mengaku saat lomba sempat tertinggal dari tim lain pada babak penyisihan sehingga Uny ada diposisi ke-3. Namun tim berusaha semaksimal mungkin untuk meng-upgrade robot Rosemery supaya bisa lebih baik dalam satu malam, dan berhasil. Harapannya tahun depan UNY bisa mempertahankan juara pertama di tingkat nasional.

Selain juara pertama pada divisi robot seni tari, dalam KRI Regional 2 tahun ini UNY berhasil pula menjadi juara 2 Kontes Robot Sepakbola Beroda dan juara 3 Kontes Robot Sepakbola Berkaki. (Dedy)